Kamis, 22 Juli 2010

Pilih kandang yang sederhana dan murah.......

Kandang Bekicot


Walaupun lahan yang diperlukan tidaklah terlalu luas namun persyaratan mengenai kelembaban dan keteduhan perkandangan perlu diperhatikan karena dalam aslinya dan untuk berkembang biak secara baik bekicot senang dengan keadaan yang lembab dan teduh. Kandang didirikan di tanah kering, teduh, lembab dengan suhu udara berkisar 25–30 derajat C.

Cara pemeliharaan bekicot tidak terlalu sulit. Bisa dilakukan secara terpisah, artinya bekicot yang kecil dipelihara terpisah dari yang besar. Bisa juga dilakukan secara campuran, yaitu bekicot kecil dan besar dipelihara dalam satu kandang tanpa melihat umur/besarnya. Bila dilakukan secara terpisah resikonya harus dibuat beberapa kandang. Fungsi kandang itu antara lain untuk penetasan, pembesaran dan sebagai kandang induk.

Ada beberapa cara berternak bekicot , antara lain:

a. Kandang kotak kayu
Kandang terbuat dalam lembaran kayu tripleks yang berkaki. Untuk kerangkanya dapat digunakan kayu kaso. Ukuran panjang dan lebar kandang adalah 1 x 1 meter, tinggi 1,25 meter. Di atas kotak tersebut diberi kawat kasa, agar bekicot tidak keluar dari dalam kandang.
Sebaiknya di atas kotak perlu dibuatkan tempat berteduh, agar keadaan
tempat selalu gelap/tidak langsung kena sinar matahari.

b. Kandang dari bak semen
Pembuatan kandang ini sama dengan kandang kotak kayu. Dalam bak semen yang perlu diperhatikan adalah alasnya. Untuk menciptakan suasana lembab, alas semen perlu diberi tanah dan cacing untuk menggemburkan tanah dan menyerap kotoran yang dikeluarkan bekicot. Tebal lapisan tanah di dalam bak sekitar 30 cm. Zat-zat makanan yang diperlukan bekicot hendaklah selalu tersedia di dalam bak.

c. Kandang dalam lubang tanah
Tanah digali dengan ukuran panjang, lebar dan tinggi 1.5 x 1.5 x 1.5 m. Perlu diperhatikan sebaiknya tanah galian yang akan digunakan untuk kandang dipilih yang agak kering. Sebaiknya kandang dibuat di bawah pohon yang rimbun, kalau dindingnya terlalu basah perlu diberi lapisan pasir. Untuk menjaga keadaan selalu gelap, seperti cara pertama dan Kedua, diatas kandang perlu dibuatkan bedeng sebagai penutup.

d. Kandang dari bata merah/batako
Bilamana di tempat anda mempunyai bata merah/batako, maka untuk menghemat biaya, bata merah disusun dengan ukuran panjang, lebar dan tinggi 1x1x1 m

e. Kandang dari pagar bambu
Anda dapat pula membuat kandang bekicot dengan cara memagari tanah anda dengan bambu, untuk ukuran kandang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan atau kondisi ukuran tanah yang ada.
Misal : panjang , lebar, tinggi 6 x 1 x 1 m (untuk panjang 6m, anda bisa buat sekat setiap 1 m, maka hasilnya anda akan mempunyai 6 kandang)

Untuk menjaga agar bekicot tidak keluar dari areal dapat dilakukan hal
sebagai berikut:
a. membuat tutup kandang (bila budidaya bekicot dalam kandang kotak kayu, bak semen, lubang tanah atau bata)
b. membuat pagar yang bagian atasnya diolesi dengan detergen
c. menabur abu atau garam disekeliling pagar bagian dalam.

Alat-alat yang diperlukan untuk pembuatan kandang: kayu, semen, bata, pasir, kawat kasa dan cangkul

2 komentar:

  1. pak,saya tinggal di cirebon. saya berminat untuk budidaya bekicot,bagaimana caranya pak? terima kasih. nurdin 081321353354 e-mail: nino_band@yahoo.com

    BalasHapus
  2. tks u responnya, bapak nanti sy hub u info selanjutnya

    BalasHapus